> > Arwana Merah Super (Scleropages Legendrei)

Arwana Merah Super (Scleropages Legendrei)

Posted on Selasa, 31 Juli 2012 | 1 Comment


InfoArwana - Arwana Merah Super merupakan salah satu jenis ikan Arwana yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari Kalimantan Barat.  Arwana Merah Super atau Super Red Arowana (Scleropages Legendrei) termasuk satwa endemik Kalimantan Barat yang secara alami memiliki daerah sebaran terbatas di hulu sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Arwana ini muererzdah dikenali dari warnanya yang merah cerah mulai dari mulut, penutup insang hingga ekor.


Klasifikasi Ilmiah :

Kerajaan : Animalia
Filum       : Chordata
Kelas      :  Actinopterygii
Ordo      : Osteoglossiformes
Keluarga : Osteoglossidae
Genus     : Scleropages
Spesies   : Scleropages Legendrei

Arwana merah berasal dari berbagai tempat di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red). Perairan ini merupakan wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba tersebut. Akan tetapi kondisi mineral, lingkungan air gambut (black water), dan banyaknya cadangan pangan yang memadai telah mengkondisikan pengaruh yang baik terhadap evolusi warna pada ikan yang bersangkutan. Pengaruh geografis itu juga menyebabkan terciptanya variasi yang berbeda terhadap morfologi ikan ini, seperti badan yang lebih lebar, kepala berbentuk sendok, warnah merah yang lebih intensif, dan warna dasar yang lebih pekat.

Warna merah penuh tampak pada sirip ikan muda, pada bibir dan juga sungut. Menjelang dewasa, warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah.

Arwana merah dikelompokkan dalam 4 varietas yaitu : 
  1. Merah Darah (Blood Red)
  2. Merah Cabai (Chili Red) 
  3. Merah Orange (Orange Red)
  4. Merah Emas (Golden Red)
Keempat varietas ini secara umum diberi julukan Super Red Arowana atau Merah Grade Pertama (First Grade Red), meskipun dalam perkembangannya super red lebih merujuk pada Merah Cabai dan Merah Darah. Sedangkan dua varietas terakhir lebih sering di anggap sebagai super red dengan grade lebih rendah.

Ciri morfologi fisik kedua jenis tersebut sudah nampak saat masih muda sehingga dapat dijadikan pedoman dalam membedakan kedua varitas tersebut. Perkembangan warna antara Merah Cabai dan Merah Darah diketahui juga berbeda. Perbedaan waktu dalam pencapaian warna merah penuh adalah 1-2 tahun. Namun kedua varitas melalui tahapan perkembangan warna yang relatif sama yaitu melalui transisi warna orange. Beberapa arwana merah mempunyai warna pucat hingga sampai 8 tahun, baru kemudian berubah ke merah penuh dalam waktu 1 bulan. Menduga potensi arwana merah memerlukan kesabaran dan usaha yang diperoleh dari pengalaman dan kesabaran.

Warna merah yang menyolok pada Arwana ini diduga sebagai adaptasi terhadap kondisi perairan yang unik tersebut. Dalam lingkungan seperti ini, warna merah lebih memudahkan bagi Arwana untuk menyamarkan diri saat berburu mangsa. Salah satu fakta yang menarik adalah adanya kemiripan habitat antara Arwana Merah dengan Arwana emas asal Sumatera. Kedua jenis Arwana endemik Indonesia ini sama-sama hidup di perairan yang cenderung asam dan berair gelap.

Varietas Merah Orange (Orange Red) merupakan salah satu varietas yang umum dijumpai. Pada saat dewasa sisik tubuhnya menunjukkan warna orange. Dibandingkan dengan Chilli Red dan Blood Red, sirip dan ekor varietas ini tidak semerah keduanya.

Merah Emas (Golden red) merupakan varietas warna lain yang umum dijumpai disamping merah orange (Orange Red). Varietas ini merupakan varietas dengan grade paling rendah. Setelah dewasa warna badannya hanyalah emas kekuningan. Warna bibir dan sirip tidak semerah Super Red, tetapi berwarna merah muda atau merah jambu.

Dari bentuk kepalanya, hobiis mengenal 3 tipe kepala Arwana yaitu: 
  1. Normal 
  2. Sendok
  3. King
Tipe normal dimiliki kebanyakan arwana, dan tipe sendok dicirikan dengan bentuk kepala yang panjang dan berlekuk ke bawah. Sedangkan tipe King ditandai dengan ukuran kepala yang kecil dengan lekuk ekstrim. Ciri lain adalah adanya tonjolan (bungkuk/bongkok/humpback) dekat kepala yang sepintas mirip bentuk mahkota di atas kepala seorang Raja . Oleh karena itu, hobiis menyebut tipe ini sebagai Arwana King
  
Arwana Super Red merupakan salah satu varietas kebanggaan Indonesia. Keanggunan dan warna membuat Arwana menjadi ikan yang paling dicari di dunia.


Comments:1

  1. Desa Empangau Penghasil Arwana Super Red
    https://www.youtube.com/watch?v=2TGJ4oHF-zc

    BalasHapus

Silakan beri saran dan komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.